Thursday 24 December 2015

Mengenal Hank Pym Versi Komik, Superhero dengan Nama Samaran Terbanyak



Hanya sedikit gambaran yang kita ketahui mengenai Hank Pym dalam versi filmnya. Aslinya, film Ant-Man akan menceritakan tentang kehidupan Hank Pym, namun pihak Marvel memiliki ide lain dan menggantinya dengan Scott Lang sebagai karakter utama. Di komik, Hank Pym adalah Ant-Man pertama sekaligus pendiri Avengers. Selain sebagai Avengers, Hank Pym juga memiliki beberapa identitas dengan bentuk berbeda-beda yang dia gunakan untuk memerangi kejahatan.

Baiklah, tidak usah banyak cakap, yuk mari bahas salah satu karakter jenius Marvel yang juga memiliki beberapa nama samaran tidak lain tidak bukan adalah Hank Pym.

Sejarah Awal

Dr. Henry "Hank" Pym, adalah ahli biokimia Amerika dengan pengetahuan yang luas di berbagai bidang ilmiah, menikah dengan Maria Trovaya, seorang wanita muda pemberani nan cantik yang pernah menjadi pembangkang politik di negara asalnya Hungaria. Dengan percaya diri bahwa kewarganegaraan Amerika itu akan melindunginya, Hank dan Maria kembali ke Hungaria tak lama setelah mereka menikah. Disana, mereka berhadapan dengan agen rahasia. Hank Pym tak sadarkan diri dan Maria dibunuh. Pym sangat marah dengan kematian istrinya, dia memutuskan untuk melakukan apa yang dia bisa lakukan di masa depan untuk melawan ketidakadilan dan kekejaman.

Akhirnya Pym kembali ke Amerika, dia menemukan kumpulan partikel subatomik langka yang dikenal sebagai Pym Partikel. Pym berhasil melalui penerapan medan magnet dan membagi dua serum secara terpisah. Satu untuk mengecilkan dan satunya lagi untuk mengembalikan ukuran kembali normal. Dia menguji coba serum untuk pengecil dan menyadari bahwa serum itu sangat kuat dari yang dia bayangkan. Dia terperangkap dalam sarang semut dan dikejar-kejar oleh semut. Dia lari dan mengembalikan ukuran tubuhnya kembali normal menggunakan serum satunya. Akhirnya dia menyadari bahwa serum itu sangat berbahaya dan diapun menghancurkan keduanya.
Menjadi Ant-Man

Sepekan kemudian, dia mempertimbangkan kembali keputusannya dan memulai menciptakan ulang serum secara rahasia. Terinspirasi dari pengalamannya di sarang semut tersebut, Pym melakukan penelitian semut dan beranggapan bahwa semut berkomunikasi melalui gelombang listrio psionik yang dikirim melalui antena. Setelah berbulan-bulan bekerja, dia berhasil menemukan Helm Sibernetik pertama yang memungkinkan dia berkomunikasi dengan semut melalui pemancar dan penerima gelombang listrik psionik. Pym juga merancang kostum yang digunakan untuk menyustkan tubuhnya.

Pym bersama 4 ilmuwan lainnya ditugaskan oleh pemerintah untuk menciptakan gas yang bisa memberikan kekebalan sementara kepada manusia. Namun, Agen Intelijen Uni Soviet juga mengirimkan agennya dan berhasil menahan Pym beserta rekan lainnya. Mereka menginginkan gas yang dikembangkan oleh Pym, dan hanya Pym yang tahu rumusnya. Pym menolak memberitahu mereka sehingga mereka menggeledah laboratoriumnya dan berniat membunuh Pym. Akhirnya disitulah dia menggunakan serum penyusutnya dan berhasil mengalahkan mereka dengan bantuan pasukan semutnya.
Menjadi Giant-Man

Pym mengembangkan beberapa kapsul Partikel Pym yang meungkinakn dia tumbuh besar dari ukuran normal. Akhirnya, Pym lebih suka menggunakan kekuatannya untuk memerangi kejahatan dengan ukuran yang lebih besar, dan menyebut dirinya Giant-Man. Namun dianggap bahwa menjadi superhero menimbulkan banyak bahaya khususnya ke Janet, akhirnya dia memutuskan pensiun.
Menjadi Goliath

Jenat ditangkap oleh pemimpn Barbar, Attuma. Akhirnya dia menggunakan kekuatannya lagi dengan kostum dan identitas baru yaitu Goliath.
Menjadi Yellowjacket

Suatu hari, Pym sedang bekerja di labnya dan memikirkan untuk menikahi Janet. Pym tidak sengaja menjatuhkan sebuah botol berisi gas yang tidak diketahui. Gas ini menyebabkan perubahan kepribagian dalam diri Pym menjadi buruk. Dia mengklaim bahwa dirinya Yellowjacket.
Menjadi Wasp

Dalam peristiwa Secret Invasion, Wasp tewas. Pym pun mengadopsi identitas Wasp untuk mengenang istrinya meskipun hanya sementara.


Selain memiliki identitas yang banyak, Hank Pym juga otak dibalik terciptanya robot Ultron yang menajdi slaah satu musuh terhebat Avengers. Meskipun memiliki banyak identitas, Hank Pym tetap dikenal sebagai Ant-Man.

Tentang Penulis

Dunia MCU

Author & Editor

Kami para penikmat film superhero DC dan Marvel tpi prefer ke Marvel yang niatny cuma ingin sharing ke teman-teman pecinta film Marvel.

Post a Comment

 
Dunia MCU © 2015 - Designed by Templateism.com