Wednesday 3 August 2016

Ini Alasan Kenapa Film dan Serial MCU Sulit "Crossover"!!!

 
Awalnya, franchise MCU hanya berpusat pada industri film saja dan dimulai lewat film Iron Man (2008). Di tahun 2013 Marvel meramaikan dunia MCU dengan merilis serial perdana mereka yang tayang di stasiun tv ABC. Belum puas, Marvel bekerja sama dengan Netflix dengan merilis serial dari superhero jalanan Marvel. Saat ini Marvel sudah merilis 13 film dan 4 judul serial. Semua ini tergabung dalam franchise Marvel Cinematic Universe dengan tagline #ItsAllConnected.

Hanya saja, sampai saat ini kita belum pernah disuguhkan #ItsAllConnected yang kita harapkan. Belum ada satupun karakter di tv yang muncul di film. Bahkan cerita di serial tv seolah gak ada. Untuk menjawab masalah ini, dalam acara TCA, Jeph Loeb selaku pimpinan divisi TV Marvel menjelaskan alasan kenapa serial dan film susah crossover.

Beliau mengatakan salah satu kendala serial tv dan film crossover adalah masalah jadwal. Proses produksi film dimulai beberapa tahun sebelum perilisan sedangkan serial tv agak cepat. Contohnya adalah, Daredevil season 1 mulai produksi bulan April 2014, rilis 2015. Civil War dimulai dikerjakan akhir tahun 2013, dan rilis 2016 sedangkan ditahun 2016 Daredevil sudah mulai rilis season 2. Jadi jelas ceritanya susah ketemu.

Sebenarnya jika hanya masalah jadwal, itu bisa dipecahkan. Mereka tinggal mempertemukan tim penulis dari tv dan film dalam satu meja. Tapi ini sulit terjadi jika kedua belah pihak lebih mementingkan ego masing-masing. Alasan lainnya adalah masalah kontrak. Mampukah pihak tv membayar aktor-aktor terkenal yang muncul di film?



Jeph Loeb menjelaskan apa makna dari tagline #ItsAllConnected yang mereka maksud. Katanya, #ItsAllConnected tidak selamanya harus mempertemukan karakter tv dan film. Mereka sudah berada di dunia yang sama, tanah yang sama, itu cukup mewakili bahwa MCU adalah #ItsAllConnected.

Jadi untuk saat ini, kita nikmati saja crossover film antar film dan serial antar serial.


Tentang Penulis

Dunia MCU

Author & Editor

Kami para penikmat film superhero DC dan Marvel tpi prefer ke Marvel yang niatny cuma ingin sharing ke teman-teman pecinta film Marvel.

Post a Comment

 
Dunia MCU © 2015 - Designed by Templateism.com