Saturday 3 December 2016

Kupas Tuntas: Agent of S.H.I.E.L.D Season 4 Episode 7






Setelah hiatus selama 3 minggu, akhirnya serial favorit kita kembali lagi dengan cerita yang tidak kalah seru. Yap, mungkin tidak belebihan jika musim ini adalah musim terbaik AoS. Setiap episode seolah sudah memasuki final dengan cerita yang intens.

Philinda
 
Nampaknya hubungan Coulson dan May semakin erat di episode ini. May begitu emosional setelah melihat Coulson dan yang lainnya menghilang dalam ledakan, menganggap mereka tewas. May bahkan memikirkan langkah berbahaya dengan menggunakan Darkhold, ya meskipun itu sukses namun bisa menjadi konsekuensi berat di kemudian hari.


Catatan penting dalam alur cerita mereka adalah, ada apa dengan Glasglow??? Black Widow dan Hawkeye punya misi di Bahrain, sekarang Phil dan May di Glasglow. Tampaknya semua agen SHIELD punya kenangan tersendiri dengan misi mereka.

Di manakah Sebenarnya Phil, Robbie & Fitz? 
 
Di penghujung episode 6, Eli meledakkan mesin yang ia ciptakan dan membuat Phil, Fitz dan Robbie terkena dampaknya, menghilang entah kemana. Di episode ini kita tahu bahwa ternyata mereka berada di dimensi lain, entah apa tapi mirip dengan dimensi Upside Down di serial Stranger Things.


Berbeda dengan Dark Dimension atau Mirror Dimension yang kita lihat di film Dr Strange, mereka bertiga seakan berada di dunia yang sama dengan kita. Dimensi yang mereka tempati bisa mendengar dan melihat dimensi utama (dunia) namun tidak sebaliknya. Sampai saat ini, kita masih belum tahu di mana mereka sebenarnya. Tapi saat Coulson akan dihisap ke dimensia lain (ketiga), terlihat bahwa dimensi itu mirip dengan Mirror Dimension.

Mack, the New Ghost Rider (sort of)
 
Lagi-lagi Mack dirasuki hal gaib untuk kedua kalinya. Namun yang ini berbeda, dia dirasuki iblis Ghost Rider. Hal ini membuktikan bahwa Ghost Rider bisa kapan saja berpindah host jika host yang dia tempati dalam bahaya. Yap, Robbie akan diseret Neraka sehingga membuat roh Ghost Rider berpindah ke tubuh Mack untuk melampiaskan haus dendamnya.



Mari Sambut Inhuman Baru, Grid or Inferno?

Terungkap sudah misi rahasia yang diberikan Direktur Mace kepada Jemma, ternyata permintaan dari Senator Nadeer untuk menganalisa adiknya yang masih dalam proses Terrigenesis. Karena keahliannya tentang anatomi Inhuman, Jemma diminta menganalisa seseorang yang masih terbungkus kepompong selama 7 bulan, wow. Hal yang sangat jarang terjadi, mengingat proses Terrigenesis biasanya berlangsung sebentar saja.


Berkat tangan dingin Jemma, akhirnya proses Terrigenesis yang dialami pria itu berakhir. Memberikan tanda tanya besar pada kita, siapa namanya? Akan jadi apa dia? Akan seperti apa kekuatannya? Semoga pertanyaan ini terjawab di episode winter finale minggu depan. Fans pun mulai memberikan teorinya tentang karakter ini, ada yang mengatakan bahwa dia Grid ada juga yang bilang Inferno.

Tie-in atau Referensi pada Film Doctor Strange
 
Dari awal showrunner sudah menjanjikan akan ada crossover atau tie-in dengan film Doctor Strange, namun akan sedikit berbeda dengan crossover sebelumnya. Mengatakan bahwa apapun yang ada dalam serialnya, akan dijelaskan di film. Dan itu benar, bagi kalian yang sudah nonton Doctor Strange pasti tahu, atau kalau lupa atau tidak perhatikan, mari saya ingatkan.


Apa yang dilakukan Aida dengan membangun gerbang portal menuju dimensi lain berkat pengetahuan yang dia dapat dari Darkhold adalah referensi di film Doctor Strange. Hal ini dijelaskan oleh Ancient One di film Doctor Strange, katanya bahwa penyihir mengeluarkan sihir dengan mengucapkan "mantra", namun jika itu dianggap kuno, maka kau bisa menyebutnya sebagai program. Program dari sebuah kode yang bisa menciptakan realitas."



Beware!!!!!! Age of AIDA! (?)
 
Ada keputusan ada konsekuensi. Ya, keputusan May membiarkan Aida membaca Darkhold menciptakan konsekuensi yang besar dikemudian hari. Pengetahuan yang didapat Aida dari Darkhold bisa berakibat baik, maupun buruk. Diakhir episode, kita lihat Aida sedang membuat otak manusia. Entah untuk apa dan siapa.



Alur cerita ini sepertinya menunjukkan peran Aida akan sangat besar di episode-episode mendatang. Apakah Aida akan menjadi penerus Ultron? Nope, dalam wawancaranya dengan EW, showrunner mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan, semuanya akan baik-baik saja. Kita lihat saja nanti.

4/18/06 "HOPE", Masa lalu Mack?
 
Salah satu momen membingungkan di episode ini adalah Mack sedang melihat sebuah foto dengan dibelakangnya tertulis "Hope" yang diambil tahun 2006. Apapun itu, tampaknya Mack sedang mengenang masa lalunya yang kurang menyenangkan, terlihat dari ekspresinya yang sedih.





Tentang Penulis

Dunia MCU

Author & Editor

Kami para penikmat film superhero DC dan Marvel tpi prefer ke Marvel yang niatny cuma ingin sharing ke teman-teman pecinta film Marvel.

4 comments:

  1. Katanya juga di doctor strange ad buku yg ilang, katanya itu darkhold tpi gk tau juga deh, btw nais inpoh

    ReplyDelete
  2. otak yg lg di buat sama aida apa itu punya si mey??

    ReplyDelete

 
Dunia MCU © 2015 - Designed by Templateism.com