Saturday, 11 June 2016

Inilah Karakter-Karakter MCU yang Bukan Sepenuhnya Milik Marvel



Beberapa hari yang lalu karakter Namor resmi sepenuhnya kembali ke Marvel. Sebenarnya udah lama tapi ada beberapa perjanjian tertentu dengan Universal. Namun sekarang sudah milik Marvel sepenuhnya.

 Sudah bukan rahasia umum bahwa Marvel memiliki kendala hak cipta dengan karakter-karakter komiknya. Hal ini karena adanya zaman suram yang dialami Marvel dahulu sehingga mau tidak mau sebagian karakternyas dijual ke studio lain. Inilah beberapa karakter Marvel yang sudah mereka beli tapi masih ada masalah dengan studio lain:

1. Hulk



Karakter Hulk memang sudah sering muncul di MCU juga sebagai tokoh sentral. Namun kemunculan dirinya memakai embel2 Avengers. Film solo Hulk dimiliki oleh Marvel tapi kendali distribusi dibawah kuasa Universal Studio. Hal inilah yang menyebabkan film solonya terkendala untuk dilanjut. Disney bisa saja membelinya dari Universal seperti yang mereka lakukan ke Paramount saat mengambil alih Iron Man dan Avengers, hanya ada perjanjian terpisah antara Marvel dan Universal yang menjadi kendala Disney.

2. Scarlet Witch dan Quicksilver



Si kembar ini muncul pertama kali di MCU lewat film Age of Ultron. Kedua karakter ini sejatinya dimiliki 2 studio, Fox dan Marvel. Untuk membedakan, mereka membuat perjanjian bahwa:

  • Fox dilarang mereferensikan si kembar ini dengan gelar Avengers
  • Marvel dilarang mereferensikan mereka dengan mutan, anak Magneto, atau asosiasi mereka dengan X-Men.
3. Man-Thing



Karakter ini memang blum muncul di MCU. Hak cipta sinematik karakter ini adalah milik Marvel tapi originalnya milik Lionsagate. Ini sebabnya Man-Thing belum muncul di MCU.

4. Spider-Man



Superhero sejuta umat ini menadakan kemunculan perdananya di MCU secara spektakuler di film Captain America: Civil War. Marvel dan Sony akan berkolaborasi dalam film reboot terbarunya tahun depan dimana Sony masih memegang penuh hak pendistribusiannya.

Namun, ada perjanjian spesifik antara Marvel dan Studio yang melarang Spider-Man dan propertinya muncul di serial MCU baik yang tayang di ABC, Netflix serta channel lainnya.

Lalu bagaimana dengan divisi lainnya???

Divisi Komik jelas milik Marvel, hal inilah yang membuat komik-komik Fantastic Four dan X-Man ditelantarkan oeh Marvel.

Divisi Animasi juga milik Marvel, meski ada beberapa alur cerita yang tidak bisa mereka tampilkan tapi semua karakter komik bisa dimunculkan dalam versi animasi.

Divisi Serial TV, divisi ini agak membingungkan tapi yang kami tahu divisi serial tv dimiliki oleh Marvel. Hanya saja karakter yang punya msalah hak cipta tidak bisa tergabung dalm MCU. 3 serial Marvel rencana dibuat oleh 3 jaringan tv berbeda, yaitu Legion di FX, Hellfire di Fox dan Scarlet di Cinemaxx/HBO. Ketiga serial ini tetap diproduksi oleh tim Marvel.

Well, ketiga divisi diatas milik Marvel Ent., bukan Marvel Studio.





Tentang Penulis

Dunia MCU

Author & Editor

Kami para penikmat film superhero DC dan Marvel tpi prefer ke Marvel yang niatny cuma ingin sharing ke teman-teman pecinta film Marvel.

1 comments:

  1. Sony Kembali Undur Jadwal Tayang Venom 2, Jadi ...
    Sony Pictures rupanya kembali menggeser jadwal tayang film Venom 2 di bioskop. Dilansir melalui Variety, kini, film berjudul Venom: Let There Be Carnage tersebut akan tayang pada Baca Selengkapnya

    ReplyDelete

 
Dunia MCU © 2015 - Designed by Templateism.com