Saturday 9 January 2016

Dimanakah Letak Guardian Universe dalam Sembilan Alam (Nine Realms)???

Hanya ilustrasi
 
Marvel Cinematic Universe adalah satu kesatuan film dimana semua film yang dirilis oleh Marvel/Disney tergabung dalam satu alam semesta. Satu alam semesta artinya semua film saling terhubung, entah itu cerita atau kronologi kejadian. Namun, sejauh ini, meski dalam alam semesta yang sama, film Guardian of the Galaxy seakan berdiri sendiri. Satu yang jelas bahwa timeline GotG adalah setelah film CA : Winter Soldier.

Dalam MCU, sembilan planet terbentuk yang masing-masing terhubung dari sebuah kosmik bernama Yggdrasil dan kesembilan planet itu diawasi dan dijaga oleh Heimdall dan para Asgardian. Dilihat dari daftar planet yang termasuk dalam Sembilan Alam. Tak satupun yang menyebutkan Xandar, Kree dan semua tempat yang muncul di film GotG. Lalu sebenarnya dimanak letak semua tempat yang ada di film GotG??

Dilansir dari bebrrap diskusi forum, literatur dan blog. Berikut beberapa teori yang cukup masuk akan akan letak Guardian Universe dalam MCU. Satu yang pasti, teori berikut hanya anggapan dari beberapa orang, jadi bisa benar bisa juga salah.

Guardian Universe ada dalam Sembilan Alam

Withinthekingdom
Bundaran berbentuk galaksi itu di ilustrasikan sebagai Guardian Universe

 Katanya, Kree, Xandar, Knowhere dll, sebenarnya ada didalam Sembilan Alam. Sembilan Alam itu bisa dianggap sebagai 9 distrik dan Kree dan Xandar berada didalamnya.

Hanya saja, teori ini dilemahkan dengan tidak disebutkannya nama Odin sebagai penguasa Sembilan Alam dalam film GotG. Saat Nova Prime diserang oleh Ronan, mereka tidak meminta bantuan dari Asgardian, dan bahkan Odin dalam hal ini Asgardian membiarkan saja perang antara Kree dan Xandar tetap berkecamuk. Mengingat Asgard adalah penjaga sekaligus mengawasi Sembilan Alam, harusnya mereka bertindak jika memang Guardian Universe ada dalam Sembilan Alam.

Guardian Universe diluar Sembilan Alam

OUtsidethekingdom 

 Teori kedua ini adalah kebalikan dari teori pertama. Dikatakan bahwa Guardian Universe diluar Sembilan Alam atau diluar kekuasaan Odin. Thor mengatakan bahwa Sembilan Alam ada dalam kekuasaan Odin sehingga Kree dan Xandar diluar batas kekuasaan Odin. Oleh karenanya saat perang antara Kree dan Xandar, Odin tidak bisa ikut campur.

Teori ini memang cukup kuat. Tapi dalam film Thor 2,  dikatakan bahwa proses konvergensi dari Sembilan Alam bisa mengancam keseluruhan eksistensi. Artinya, semua eksistensi yang ada dalam MCU tergabung dalam Sembilan Alam itu. Lalu bagaiamana dengan teori ketiga?

Guardian Universe bagian dari Midgard (Bumi)

Withinmidgard 

Mungkin teori ini yang paling kuat. Adegan pembuka film GotG memperlihatkan Ravanger menculik Peter Quill. Jalan dari planet lain ke bumi bisa dilalui lewat sebuah portal, Bifrost, atau sihir gelap. Meski tidak diperlihatkan cara Yondu memasuki bumi dengan pesawatnya, sudah bisa dianggap bahwa Guardian Universe mungkin bagian dari Midgard (bumi).

Kelemahan dari teori ini adalah background film GotG adalah luar angkasa. Luar angkasa artinya ada diluar bumi. Jadi dimana sebenarnya letak Xandar, Kree dan yang lainnya??

Satu yang jelas bahwa Xandar berada dalam galaksi Andromeda sedangkan Sembilan Alam berada dalam galaksi Bimasakti. Dan galaksi Andromeda tidak terlalu jauh dari galaksi Bimasakti. Mungkin alasan ini bisa menjelaskan bahwa Xandar tidak berada dalam Sembilan Alam, sehingga tidak masuk dalam perlindungan dan pengawasan Asgardian. Tapi bukan berarti bahwa portal Bifrost tidak bisa memasuki alam lainnya yang diluar Sembilan Alam. Semoga plot hole bisa terselesaikan di film mendatang.

Tentang Penulis

Dunia MCU

Author & Editor

Kami para penikmat film superhero DC dan Marvel tpi prefer ke Marvel yang niatny cuma ingin sharing ke teman-teman pecinta film Marvel.

Post a Comment

 
Dunia MCU © 2015 - Designed by Templateism.com